Bukan Cuma Bumbu Masak, Inilah 5 Manfaat Bawang Putih

Bukan cuma menyedapkan makanan, bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi, kalau dimakan dalam bentuk mentah. Mulai dari mengempiskan jerawat, menguatkan tulang, meredakan pilek, menurunkan kolesterol, hingga mencegah risiko kanker. Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan nutrisi bawang putih

Bawang putih memiliki nama latin Allium sativum. Tanaman ini merupakan umbi-umbian asli budidaya Negara Asia Tengah. Akan tetapi, bawang putih juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis.

Biasanya, dalam satu buah bawang putih terdapat 1 – 10 siung. Setiap siungnya memiliki berat sekitar 6 – 8 gram. Bawang putih mengandung berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, meliputi:

  • Karbohidrat, protein, serat.
  • Vitamin C.
  • Mineral mangan, kalsium, selenium.
  • Antioksidan: flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.
  • Senyawa sulfur: alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.

Meski begitu, berbagai nutrisi penting ini ternyata bisa berkurang, bahkan hilang, dalam proses memasak.

Manfaatnya untuk kesehatan

Sejumlah studi menemukan hubungan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol. Disamping itu, bawang putih pun diyakini mampu menguatkan sistem imun, serta melancarkan sirkulasi darah dan mencegah risiko penyakit jantung.

Seperti tanaman dan rempah-rempah lain yang digunakan sebagai pengobatan herbal, manfaat bawang putih untuk kesehatan belum benar-benar terbukti. Meski begitu, bawang putih diyakini mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut ini.

1. Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah

Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah, khususnya pada penderita hipertensi. Beberapa temuan menunjukkan bahwa polisulfida pada bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot-otot halus.

Bawang putih juga dikatakan bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Namun, bawang putih bukan obat hipertensi ataupun kolesterol yang efektif karena efektivitasnya masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Peneliti mengaitkan manfaat bawang putih terhadap kolesterol dan tekanan darah tersebut dengan kandungan allicin-nya. Senyawa ini hanya bisa didapatkan ketika siung bawang putih dikonsumsi mentah. Dengan begini, allicin akan lebih mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh.

2. Memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian suplemen ekstrak bawang putih memiliki efek perlindungan pada jantung yang diperlihatkan dari kemampuannya menurunkan kolesterol dan mengencerkan darah hingga melancarkan peredaran darah.

Bawang putih, terutama ekstraknya yang sudah dikeringkan (aged garlic), juga berpotensi baik untuk mengurangi risiko aterosklerosis.

Temuan dari Journal of Nutrition juga menunjukkan efek aged garlic terhadap penurunan kadar kalsium di dalam arteri koroner. Adanya kalsium yang mengendap dalam arteri koroner merupakan tanda penumpukan plak yang dapat menyempitkan atau menyumbat arteri.

Peneliti juga menemukan bawang putih dapat menurunkan kadar protein C-reaktif—protein yang memicu reaksi peradangan—pada arteri koroner, yang akhirnya mengurangi risiko aterosklerosis.

3. Melawan infeksi saluran pencernaan

Zat allicin pada bawang putih bersifat sebagai antibiotik, antijamur, bahkan antiparasit atau obat cacingan. Konsumsi bawang putih dipercaya mampu membantu tubuh melawan infeksi lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

4. Mengurangi risiko kanker

Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Mengutip studi Holly LN., sejauh ini bukti yang ada menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kerongkongan, pankreas, payudara, serta prostat.

5. Mencegah dan meredakan radang, pilek, serta batuk

Bawang putih disebut-sebut mampu mencegah pilek secara alami dengan meningkatkan kemampuan sistem imun dalam melawan virus. Senyawa allicin di dalamnya terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, sampai radang tenggorokan.

Konsumsi bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala penyakit-penyakit tersebut dan mempercepat penyembuhannya. Selain itu, bumbu dapur ini pun bisa mengurangi rasa lelah.

Khasiat dan manfaat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting.

Jika Anda berniat menggunakan suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter. Terutama kalau Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat pengencer darah.

Untuk mendapatkan bawang putih dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Anda membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan bawang putih juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.